Iluminasi

images3ILUMINASI

Yesaya Sandang

“Enlightenment is man’s leaving his self-caused immaturity. Immaturity is the incapacity to use one’s intelligence without the guidence of another. Such immaturity is self-caused if it is not caused by lack of intelligence, but by lack of determination and courage to use one’s intelligence without being guided by another. Sapere aude!! Have the courage to use your own intelligence!! is therefor the motto of elightenment” (What is Enlightenment?, Immanuel Kant, 1784)

Manusia adalah makhluk yang berproses. Lahir, tumbuh, dewasa adalah keniscayaan. Jika seseorang tidak ingin menjadi dewasa barangkali ada baiknya ia mempertimbangkan lagi untuk apa ia hidup. Pendewasaan terkait dengan apa yang disebut sebagai pencerahan.

Setiap orang membutuhkan pencerahan, membutuhkan semacam iluminasi di dalam dirinya masing-masing. Pencerahan yang akan membawa manusia kepada suatu tahapan dari ketidakdewasaan menuju kedewasaan. Kedewasaan diartikan sebagai kemampuan dan keberanian untuk menggunakan seluruh sumber daya intelektual yang dimilikinya. Manusia yang tidak/belum dewasa adalah manusia yang tidak dapat menggunakan intelektualitasnya tanpa bimbingan dan arahan manusia lainnya, manusia semacam ini (manusia tidak dewasa) tidak dapat bertindak sesuai dengan pemahaman yang mendasar dari dalam dirinya sendiri, sejalan dengan dengan pertimbangan rasionya sendiri. Hal ini bisa jadi disebabkan bukan karena ketidakmampuan intelektual, tetapi karena tidak adanya semangat, dan keberanian untuk lepas dari kungkungan manusia lain.

Kemalasan dan ketakutan yang bisa saja disebabkan oleh banyak hal merupakan suatu kendala yang membuat manusia tidak dapat menjadi dewasa. Karena kemalasan dan ketakutan inilah manusia dengan mudahnya dapat ditaklukan di bawah kekangan orang lain. Manusia yang tidak dewasa terlalu malas, takut, atau bahkan enggan untuk keluar dari zona aman yang sudah mereka rasakan. Zona tempat mereka tidak perlu untuk berpikir dan menggunakan seluruh daya intelektualitasnya, melainkan hanya hidup di bawah arahan orang lain terus menerus.mereka bahkan menikmati keadaan tersebut (tidak dewasa).

Pencerahan bagi seseorang membutuhkan adanya kebebasan, kebebasan bagi individu untuk menggunakan akal budinya dalam segala aspek kehidupan. Tanpa adanya kebebasan sulit bagi manusia untuk tercerahkan, dan menjadi dewasa. Akan tetapi, di dalam kebebasan terikat pula tanggung jawab, sehingga tidak mungkin kebebasan tanpa tanggung jawab dan demikian juga sebaliknya.

Pencerahan sebagaimana yang dijelaskan oleh Imannuel Kant merupakan semangat yang mulai muncul dan berkembang pesat pada saat itu. Walaupun masih saja ada hal-hal yang menghambat manusia untuk memaksimalkan kemapuan pikirannya sendiri, dan hal hal lainnya yang masih mengungkung dan membatasi manusia dan membuat manusia tersebut menjadi tidak dapat berpikir sendiri dan dengan demikian masih terus immature, tetapi indikasi ke arah pencerahan sudah mulai tampak. Selanjutnya terserah anda…


About this entry