Selamat Tahun Baru 2015

transformation-2“The pessimist complains about the wind. The optimist expects it to change. The leader adjusts the sails.” John.C.Maxwell

Memasuki tahun yang baru senantiasa diiringi dengan doa dan harapan, dan ada kalanya resolusi awal tahun dibuat sebagai bentuk niatan untuk mengapai sesuatu yang lebih baik. Namun menggapai harapan membutuhkan usaha, dan mencapai sesuatu yang lebih baik mengandaikan adanya perubahan.

Setiap manusia siapapun dirinya diyakini memiliki kualitas yang mampu untuk mengasilkan perubahan sesuai dengan tingkatannya masing-masing. Perubahan dalam skala besar membutuhkan ekstra usaha dan dorongan dalam diri yang semakin besar. Pada tingkat yang paling dasar adalah perubahan pada diri sendiri dan pada tingkatan yang lebih tinggi adalah perubahan massif pada skala masyarakat luas.

Kemampuan untuk mengolah, mensiasati hingga melakukan suatu perubahan diakui oleh banyak kalangan sebagai salah satu kualitas dari seorang pemimpin. Seorang pemimpin mesti menapaki setiap tingkatan yang dimulai dari dirinya sendiri, orang-orang terdekatnya hingga organisasi yang jauh lebih kompleks. Dengan demikian sebenarnya terdapat benih-benih kepemimpinan dalam diri setiap kita.

Dengan keyakinan semacam itu, pasca pergantian kepemimpinan nasional pada tahun 2014 lalu mestinya membawa setiap warga Negara Indonesia untuk memikirkan kembali peranan strategisnya demi berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia. Pokok permenungan ini tidak dapat dikesampingkan sebagai resolusi awal tahun apalagi jika kita telah atau hendak melampui resolusi diri sendiri (yang kalau mau jujur sebenarnya dari tahun ketahun isinya tidak banyak berubah).

Perlu disadari pula diawal tahun energi optimisme yang terpancar masih cukup besar. Namun energi tersebut perlu dikatalisasi lewat kualitas kepemimpinan yang sejatinya sudah ada dalam diri setiap kita agar antara harapan dan kenyataan dapat tergapai. Akhir kata, selamat berubah dan mengubah. Tumbuhkanlah benih-benih kepemimpinan dalam diri anda, dan berperan sertalah sebagai agen-agen perubahan demi mewujudkan masa depan anda, lingkungan anda dan Indonesia yang lebih cerah apapun keadaan dan tantanganya yang menghadang.

Selamat tahun baru 2015.

~ Yesaya


About this entry