Pariwisata Indonesia dalam Citra Mooi Indie: Dahulu dan Sekarang

Abstract

From time to time Indonesia tourism image has been evolving influnced by many factors. However since the colonial era, Indonesia tourism image has been designed in terms of Mooi Indie, and although the image it self already evolving, the terms of Mooi Indie stays in debate. This article tries to argue despite the pro and contra about the bad impact of tourism in terms of Mooi Indie, there are some differences between Mooi Indie in past and present time. Under the current development of tourism paradigm in the world as well in Indonesia, there are new hopes for overcoming bad impacts brought by tourism activities. In the end, Indonesia tourism image will always remain in tension between what is beautiful and the what’s in the reality. Thus, Mooi Indie can not be allowed an understood as the only image and tools to produce tourism reality, but rather as a critisism and motivation to achive the ultime goal of tourism in Indonesia.

Keywords: Mooi Indie, Tourism, Image, Differences

Intisari

Seiring dengan perjalanan waktu, citra pariwisata Indonesia telah mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Namun tidak dapat diabaikan bahwasannya sejak era kolonial, citra pariwisata Indonesia telah dibentuk dalam terminologi mooi indie yang hingga saat ini terus dipersoalkan. Tulisan berikut ini mencoba mengajukan argumentasi mengenai perbedaan antara citra mooi indie dahulu dan sekarang walau tetap ada pro dan kontra yang mengiringinya. Dalam konteks perkembangan paradigma pembangunan pariwisata sekarang, dapat dijumpai secercah harapan untuk melampaui dampak buruk yang dibawa oleh aktivitas pariwisata. Pada akhirnya, tulisan ini tiba pada simpulan bahwa citra pariwisata Indonesia akan tetap berada dalam tegangan antara apa yang dianggap indah dan kenyaatan yang sebenarnya di lapangan. Dengan demikian, mooi indie tidak dapat dipahami sebagai satu-satunya citra dan alat untuk memproduksi citra pariwisata, namun juga perlu dilihat sebagai kritik dan motivasi untuk mencapai tujuan akhir dari pariwisata di Indonesia itu sendiri.

Kata kunci: Moii Indie, Pariwisata, Citra, Perbedaan

Artikel lengkap dapat diunduh di:

http://ejournal.uksw.edu/kritis/article/view/773

Advertisements

About this entry